Penting Buat Kamu untuk Belajar Excel

Hallo Again, sobat data analis. Pasti sudah tidak asing dong dengan aplikasi Excel? Yup salah satu aplikasi atau tools Microsoft ini memang sudah lama dikenal sebagai software untuk analisis data dan dokumentasi. Software yang satu ini berbentuk spreadsheet, terdiri dari baris dan kolom. Pertemuan antara kolom dan baris disebut dengan Cell.


Melansir Investopedia, Microsoft Excel adalah skill yang penting dimiliki para profesional. Bahkan, kamu bisa mendapat kesempatan promosi karena kemampuan itu.


Memangnya, sebegitu penting kah untuk belajar Excel? Mari kita bahas.


Menurut Corporate Finance Institute, Microsoft Excel adalah software yang pas untuk merapikan informasi apa pun. Memang, kombinasi kolom dan baris di aplikasi itu membuat data di dalamnya lebih teratur.


Itulah mengapa, di dunia kerja, tujuan penggunaan Microsoft Excel beragam. Beberapa di antaranya yakni:


1. Akuntansi

Pertama, ada akuntasi. Di Excel, kamu bisa membuat tabel yang berisi teks dan angka-angka layaknya laporan keuangan.

Jika angkanya perlu dihitung, tinggal masukkan rumusnya. Dengan alasan ini, Microsoft Excel adalah software yang tepat untuk kegiatan akuntansi.


2. Analisis Data

Microsoft Excel juga bisa dipakai untuk menganalisis data dengan cara yang lebih canggih. Microsoft Excel dapat membuat logika sederhana dengan rumus IF. Selain itu, masih ada rumus lainnya yang lebih kompleks.


3. Kalender Editorial

Microsoft Excel juga bisa dipakai oleh para marketer ataupun pegiat media. Sesuaikan saja halaman baris dan kolom menjadi sebuah kalender editorial. Mengutip dari HubSpot, format kolom dan baris di Microsoft Excel adalah kuncinya. Bentuk tersebut akan memudahkan proses perencanaan konten, seperti:

- Membuat kalender

- Menjadwalkan konten

- Menuliskan keterangan penting lainnya


Dapat disimpulkan, karena banyak dipakai di banyak bidang, penting bagi kamu untuk menguasai skill Microsoft Excel.


Semoga bermanfaat!



Kami berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik dan konsisten membantu kawan-kawan mahasiswa dalam menyusun tugas akhir/skripsi, tesis hingga disertasi. Kami siap sedia kapanpun kamu konsultasi #CanHelpYouEverytime


__________


? TANYA SOAL SKRIPSI? KLIK LINK BERIKUT UNTUK

KONSULTASI ONLINE SEKARANG

???? linktr.ee/bellsaya.com


Kunjungi juga social media kami di Instagram BELLSAYA.COM (@bellsaya_id)


***