Pengenalan Figma dan fitur unggulan yang dimilikinya

Figma menjadi salah satu tools yang wajib dikuasai oleh para desainer yang bekerja di industri digital. Pasalnya, figma adalah aplikasi terbaik untuk para desainer berkolaborasi dan membuat desain secara bersama-sama.

Saat mengerjakan sebuah proyek digital khususnya proses prototyping bersama dengan tim, tentu saja dibutuhkan aplikasi yang paling sesuai untuk berkolaborasi. Figma pun menjadi salah satu aplikasi unggulannya.

Kini memang sudah ada banyak jenis aplikasi untuk membuat prototype seperti Adobe XD atau Sketch.

Namun, Figma memiliki kelebihan utama dari kedua aplikasi kompetitornya tersebut.

Nah, semakin penasaran dengan Figma dan ingin tahu lebih banyak soal fitur-fitur yang ditawarkannya?

Simak ringkasan yang sudah Glints persiapkan di bawah ini, ya!

Apa Itu Figma?


Sempat disinggung di atas bahwa Figma adalah salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat desain secara bersama-sama dengan anggota tim lainnya.

Namun, menurut Design Shack Figma adalah sebuah tools desain dan membuat prototype berbasis cloud untuk proyek digital.

Aplikasi yang satu ini memiliki kelebihan yaitu mempermudah penggunanya untuk melakukan kolaborasi dengan semua anggota tim di mana saja dan kapan saja.

Lewat situs resminya, Figma menyatakan dirinya sebagai aplikasi yang akan memudahkan kerja sama antar tim dalam proses membuat, menguji, dan mengirim desain jadi lebih mudah.

Dalam membuat sebuah desain UI atau UX suatu aplikasi atau website, Figma memiliki sejumlah tools yang dapat memudahkan setiap fase dalam proses tersebut.

Terdapat tools vector yang mampu membantu membuat ilustrasi dengan mudah. Kemudian, ada juga tools yang memudahkan dalam pembuatan prototype.

Supaya lebih paham soal keunggulan dari Figma, Glints akan memaparkan lebih dalam mengenai berbagai fitur yang dimilikinya.


Fitur Unggulan Figma


Salah satu fitur yang paling ditonjolkan oleh Figma adalah kemudahan kolaborasi dengan sesama anggota tim seperti yang sudah disinggung di atas.

Seperti yang dijelaskan oleh Envato Tuts, kelebihan terbesar dari aplikasi yang satu ini adalah memungkinkan kolaborasi langsung dari para desainer secara real time.

Jadi, dengan kata lain setiap desainer bisa langsung bekerja dan membuat perubahan pada desain yang sedang dikerjakan secara bersama-sama.

Karena berbasis cloud, maka hasil pekerjaan akan secara langsung tersimpan secara online.

Selain itu, berikut ini beberapa fitur unggulan lain dari Figma yang dilansir dari situs resminya:

1. Kemudahan dalam membuat desain

Fitur desain dari Figma memiliki banyak kelebihan karena dibuat sangat modern. Pengguna akan menemukan modern pen tool yang bisa digunakan untuk menggambar ke segala arah dengan Vector Networks.

Selain itu, kemudahan saat mengatur tata letak juga menjadi fitur unggulan dari aplikasi ini. Bahkan, pengguna juga bisa menentukan plugin yang ingin digunakan misalnya untuk mengatur stok foto hingga ikon.

2. Membuat prototype

Meskipun kini sudah ada banyak aplikasi untuk membuat desain, tapi Figma masih menjadi salah satu yang paling populer. Pasalnya, aplikasi ini memiliki fitur membuat prototype yang cukup canggih.

Figma memungkinkan desainer untuk merancang desain, membuat prototype, membagikannya, hingga menerima feedback secara mudah. Jadi, tidak perlu berganti-ganti tools dalam merancang suatu desain.

Hasil edit pada desain akan langsung muncul dalam prototype yang dibuat. Kemudian, hasilnya pun bisa langsung dibagikan kepada anggota tim lainnya.

Orang lain juga bisa memberikan feedback dengan menambahkan komentar di dalam prototype.

3. Design systems

Fitur unggulan selanjutnya dari Figma adalah kemudahan dalam mengatur design systems-nya. Jadi, pengguna akan lebih mudah dalam mencari dan mengakses seluruh aset yang telah dimiliki.

Selain itu, fitur ini juga memungkinkan pengguna mengelola siapa saja yang bisa melihat, mengedit, dan berkontribusi ke library penyimpanan aset.

Menariknya, setiap pembaruan yang dilakukan oleh anggota tim juga akan dipublikasikan sehingga lebih mudah untuk melacaknya.


Harga Figma


Setelah mengetahui segala fitur dan kemudahan yang ditawarkan oleh Figma, tentunya kamu penasaran kan dengan harga yang ditawarkan oleh aplikasi ini.

Rupanya Figma memiliki tiga paket pengguna dengan harga yang berbeda-beda, di antaranya:

· Starter

Paket untuk pemula ini rupanya dibebaskan dari biaya atau gratis, lho. Pengguna yang memilih paket ini bisa mengundang dua editor dan melakukan tiga proyek sekaligus.

Karena gratis, pengguna pun hanya bisa menggunakannya selama 30 hari saja. Meski begitu, pengguna akan mendapatkan kelebihan yaitu fitur penyimpanan dan viewers yang tidak terbatas.

· Professional

Paket yang ditujukan untuk profesional ini dikenai harga sebesar 15 dollar Amerika atau sekitar Rp219.000 per bulannya.

Fitur yang ditawarkan pun lebih lengkap seperti membuat project serta version history yang tidak terbatas.

Selain itu, pengguna juga dapat mengundang editor lainnya dalam proyek bersifat private dan berbagai library ke semua anggota tim.

· Organization

Dengan membayar sebesar 45 dollar Amerika atau sekitar Rp658.000 per bulan, pengguna yang memilih paket ini akan mendapatkan fitur terlengkap.

Semua fitur dari paket professional otomatis bisa digunakan oleh pengguna paket ini. Selain itu, fitur lain seperti private plugins, plugin administration, hingga design system analytics juga tersedia bagi penggunanya.

Itulah ringkasan yang sudah Glints persiapkan mengenai aplikasi yang sangat berguna bagi UI/UX designer dalam membuat desain dan prototype produk.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa Figma adalah salah satu aplikasi yang perlu dikuasai oleh desainer karena dapat memudahkan pekerjaannya dalam membuat desain produk.

Sumber : https://glints.com/id/lowongan/figma-adalah/#.YkVs_TUxXIU